Meminta Resep

Hayo, siapa yang suka minta resep? Aku sering, kok. Hehe. Walaupun pada akhirnya nggak semua resep itu sempat dibuat.

Tapi, menurutku, meminta resep itu ada tata kramanya lho. Hehe. Repot amat sih minta resep pakai tata krama? Maksudnya gimana?

Jadi gini, menurut hematku, meminta resep kepada orang yang menjual makanan tersebut itu adalah hal yang tidak semestinya. Jelas-jelas dia lagi jualan. Resep itu salah satu modalnya lho.

Kalau misalnya kita lagi jualan, terus ada orang datang, minta sebagian modal kita (yang berbentuk uang), gimana?

Katakanlah kita minta resepnya bukan untuk kita perdagangkan lagi, melainkan untuk konsumsi sendiri. Nah, kalau memang alasannya ini, kenapa tidak dilakukan via japri alias jalur pribadi?

Barusan aku melihat komen di facebook seorang teman yang sedang mempromosikan makanan jualannya. Orang yang komen itu minta resepnya. Duh. Kurang sreg rasanya pertanyaan seperti itu diajukan di muka umum, di tempat si penjual sedang berpromosi pula. Sebaiknya gunakan fitur private message.

Memang ada penjual makanan akan dengan senang hati berbagi resepnya. Seperti dua orang tanteku. Salah satunya bahkan menjadi pengajar di PKK secara cuma-cuma. Yang satunya lagi memang seneng aja membagikan resepnya. Tapi kan tidak semua bisa seperti itu. Walau memang sih meskipun mereka berbagi resep dengan orang lain, bisnis makanan mereka tetap berjalan lancar. Atau bahkan resep-resep itu adalah sedekah yang melancarkan bisnis mereka ya? :)

Hm…tapi intinya gini deh. Kalau memang ingin dibagikan resepnya, toh si penjual akan melakukannya tanpa kita minta.

Jadi, aku sih tetap berpendirian, tidak akan minta resep kepada orang yang berjualan makanan. Kalau punya uang, beli aja. Kalau nggak punya, ya browsing-browsing sendiri resep serupa. Syukur-syukur rasanya bisa mirip ;) .

Foto dari: SINI

3 Comments on Meminta Resep

  1. Rini Nurul Badariah
    October 21, 2012 at 06:38 (1 year ago)

    Nah, itu kata kuncinya. Sudah minta resep pun, rasanya belum tentu mirip, hihihi… *pemalas*

  2. Nadiah Alwi
    October 25, 2012 at 20:18 (1 year ago)

    Wkwkwk…kalo aku ya tetep minta sih…tp belum tentu dibikin. *pemalas juga*

Leave a Reply